KEMANGI

KEMANGI

( Kecamatan Mantingan Berbagi )

Dasar  hukum kegiatan ini  adalah Surat Edaran Bupati Ngawi Nomor  065/21.02/404.113/2022 tanggal 21 Februari 2022 tentang Percepatan Penanganan Kemiskinan Melalui Program “Berkat Warung “ (Bersama-sama Mengangkat Warga Kurang Beruntung). Pada awalnya dasar Surat Edaran Bupati tersebut dijadikan acuan Kecamatan Mantingan mengadakan kegiatan berbagi ke masyarakat sekitar yang berupa nasi bungkus. Jumlah nasi bungkus ( berdasar kesepakatan dan kemampuan masing-masing ASN kecamatan Mantingan ) sekitar 100 buah dibagikan door to door ke masyarakat di lingkungan kantor dengan menu yang berbeda-beda pada setiap pembagian..Ternyata tanggapan masyarakat terhadap kegiatan tersebut kurang begitu antusias karena :

–       Masyarakat ingin berinteraksi langsung dengan karyawan-karyawati kecamatan

–       Masyarakat ingin merasakan lebih dekat dengan lingkungan kecamatan

–       Masyarakat ingin bersilaturohmi langsung dengan warga sesama pemanfaat kegiatan.

–       Kurangnya tempat diskusi terkait pelayanan yang diselenggarakan di kecamatan

                Melihat hal tersebut, 3 (tiga) bulan berikutnya ASN kecamatan Mantingan berinisiatif untuk membuat sebuah perubahan. Perubahan tersebut adalah kegiatan berbagi makanan, cek kesehatan & pelayanan gratis  yang disebut dengan KEMANGI (Kecamatan Mantingan Berbagi) yang dilaksanakan pada Jumat pagi pada minggu pertama dan ketiga setiap bulan bertempat di pendopo kecamatan. Setelah diterapkan beberapa kali dan melihat data stunting di Desa Mantingan (di mana lokasi kecamatan Mantingan berada) agak tinggi daripada desa lain yaitu 30 anak ( Ds. Sambirejo 27 anak, Ds. Pengkol 21 anak, Ds. Jatimulyo 14 anak (sumber dari Puskesmas Mantingan) mulai pertengahan tahun 2023 ini KEMANGI mengalami penambahan dengan tema pencegahan  agar anak tidak menderita stunting. Adapun  beberapa komponen tema Kemangi tahun ini adalah:

–     Berbagi makanan gratis untuk masyarakat umum dengan menu yang  bervariasi

–    Berbagi makanan tambahan buat anak balita untuk pencegahan agar anak tidak menderita stunting

–     Mengenalkan anak-anak di sekitar kecamatan dengan lingkungan kantor    kecamatan

–         Cek kesehatan dan konsultasi kesehatan gratis untuk masyarakat umum dari puskesmas Tambakboyo dan Mantingan

–     Pemeriksaan kesehatan gratis untuk balita guna evaluasi anak stunting oleh puskesmas

–     Donor darah dari PMI Kab. Ngawi (yang dilaksanakan setiap 3 (tiga) bulan sekali

–    Lapak Pelayanan Umum

–     Ruang curhat terkait pelayanan yang diselenggarakan oleh kecamatan.

–           Senam sehat bersama yang bisa diikuti oleh masyarakat umum

–     Ruang koordinasi antara Forkopimcam

               Dengan tema “Penambahan makanan pada anak balita untuk mencegah agar mereka tidak stunting” maka Stakeholder atau Pemangku Kepentingan yang beririsan menjadi bertambah. Kecamatan Mantingan,yang tadinya mengundang 2 (dua) puskesmas yaitu Puskesmas Mantingan dan puskesmas Tambakboyo terkait cek kesehatan gratis,mengundang PMI terkait donor darah, kini juga mengundang Kelompok Belajar Tunas Bangsa, TK Dharma Wanita di Dusun Pule Mantingan, dan posyandu yang berada di Dusun Pule Kecamatan  Mantingan