CEGAH PMK 15 EKOR SAPI DIVAKSIN KE-2 BOOSTER 2 BULAN SEPTEMBER 2024 KECAMATAN MANTINGAN KABUPATEN NGAWI

Mantingan, selasa 03 Agustsus 2024 Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi adakan giat Vaksin ke-2 PMK boster 2 di Desa Mantingan Kecamatan Mantingan yang dimulai pukul 09,00 WIB s/d selesai, adapun kegiatan ini diikuti dari Tim Doker Hewan kabupaten Ngawi, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Hortikultura Kabupaten Ngawi, serta Kasi Tramtib dan staf Tramtib Kecamatan Mantingan, Babinsa, Babinkamtib Kecamatan Mantingan serta Perangkat Desa Mantingan.

Salah satu tim dokter yang bertugas drh. Supriyanto bersama Tim dalam memberikan vaksin menuturkan, vaksinasi ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan hewan ternak. “Vaksinasi booster 2 harus dilakukan agar imunitas hewan ternak bisa naik lagi setelah vaksinasi PMK tahap kedua. Tidak hanya vaksinasi tahap pertama dan tahap kedua juga diberikan ke beberapa sapi baru yang belum pernah diberikan vaksin.” jelas drh. Supriyanto.

Setelah divaksin, lanjut drh. Supriyanto, sapi diberi barcode yang berisikan data ternak dan data pemilik. “Syarat vaksin yaitu sapi harus dalam kondisi yang sehat, Sedangkan syarat vaksinasi untuk sapi yaitu sudah karantina selama dua minggu di kandang. Tujuan utama vaksinasi ini yaitu membebaskan hewan ternak dari penyakit mulut dan kuku agar tidak terkena virus yang bisa berakibat pada kematian hewan ternak.

Selain vaksinasi, kegiatan ini kita adalah pelayanan terpadu hewan (yanduwan), itu termasuk pemberian vitamin kepada hewan ternak, terus ada konsultasi kesehatan dan sosialisasi hewan ternak, Dengan adanya vaksinasi ini hewanb ternak bisa menjadi sehat dan bisa melawan penyebaran virus PMK.

Author: Kecamatan Mantingan

Kantor Kecamatan Mantingan Jl. Raya Solo - Ngawi No. 12 Mantingan