AKSI DONOR DARAH KECAMATAN MANTINGAN

Mantingan, selasa, 07 Maret 2023. Kecamatan Mantingan menggelar aksi Donor Darah, kegiatan ini sebagai bentuk salah satu rangkaian Action Plan dalam rangka Optimalisasi tranding image, kegiatan ini bekerjasama dengan PMI Kabupaten Ngawi.

Dalam acara ini setidaknya lebih dari 50 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Setelah melalui tahap awal yaitu cek kesehatan oleh tim PMI Kabupaten Ngawi, dengan sangat terpaksa ada beberapa pendaftar gagal dan tidak dapat melanjutkan donor darah karena tidak memenuhi kriteria dan persyaratan secara medis. Penyebab gagalnya tersebut antara lain dikarenakan kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi, mengkonsumsi antibiotik dalam kurun waktu satu minggu sebelum donor darah, dan baru melaksanakan vaksin.

Persyaratan dasar untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah adalah pendonor berusia 17 hingga 70 tahun, berat badan minimal adalah 45 kg, dengan tekanan darah sistole dibawah 180 dan diastole dibawah 100.

Disamping hal tersebut diatas telah dipenuhi, syarat lainnya yaitu memiliki tubuh sehat sacara jasmani. Hal ini penting mengingat darah pendonor akan masuk kedalam tubuh seseorang.

Para peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini terdiri dari Camat Mantingan (Muhammad Davit Mukti Aji. S. STP. M. Hum) beserta stafnya sejumlah 6 orang, unsur TNI/Polri sejumlah 8 orang, dari unsur Kades sejumlah 7 orang, dan dari unsur masyarakat sejumlah 29 orang. Beberapa dari peserta sudah terbiasa mendonorkan darahnya dan bahkan terdaftar menjadi pendonor tetap.

Aksi donor darah ini juga mendapatkan apresiasi positif dari petugas PMI Kabupaten Ngawi. Diharapkan kedepannya kegiatan donor darah ini rutin dilakukan setiap 3 (tiga) bulan sekali. Dan semoga dengan kegiatan donor darah ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Author: Kecamatan Mantingan

Kantor Kecamatan Mantingan Jl. Raya Solo - Ngawi No. 12 Mantingan