SOSIALISASI APLIKASI SRIKANDI UNTUK TINGKATKAN KUALITAS LAYANAN SURAT MENYURAT

Ngawi, selasa, 30 Mei 2023. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi menyelengarakan acara Bimtek Aplikasi SRIKANDI bertempat dilantai dua Setda Kabupaten Ngawi (Command Center), Hadir dalam kesempatan ini Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi, dan diikuti operator Srikandi dari OPD Se Kab Ngawi.

Untuk diketahui, Srikandi adalah instrumen pengelolaan arsip dinamis yang berdasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Aplikasi ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Srikandi diresmikan bertepatan dengan Ulang Tahun Kearsipan yang ke-50 dengan tema ” Tahun Emas Kearsipan, Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital.

Srikandi bertujuan menciptakan kelancaran dalam persyaratan dan kearsipan secara elektronik yang efektif dalam penyelenggaraan pemerintahan, Aplikasi ini dapat memenuhi kebutuhan pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara online secara integrasi serta terekam pada pusat data nasional.

Penggunaan Srikandi pada Pemkab Ngawi sebagai aplikasi umum instansi pemerintah dinilai sebagai bentuk peningkatan kualitas dalam bidang kearsipan, dan juga penggunaan Aplikasi Srikandi dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dalam bidang kearsipan.

Author: Kecamatan Mantingan

Kantor Kecamatan Mantingan Jl. Raya Solo - Ngawi No. 12 Mantingan