ROADSHOW PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING DAN PENGHAPUSAN KEMISKINAN EKSTREM DI KABUPATEN/KOTA BERSAMA MENKO PMK RI

Pada hari Rabu, 01 Maret 2023 pukul 11.00 WIB di Aula Kecamatan Mantingan bebarapa karyawan Kecamatan Mantingan, PLKB, perwakilan Dharma Wanita Persatuan, PKK Kec. Mantingan serta kepala Desa se-Kecamatan Mantingan mengikuti “Roadshow Percepatan Penurunan Stunting dan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten/Kota bersama Menko PMK RI ” secara Video Teleconference. Beberapa perwakilan dari Kabupaten/Kota mengemukakan paparan terkait penurunan angka stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Alhamdulillah, dari Sambutan Wakil Gubernur Jatim bahwa angka Stunting di Jawa Timur mengalami penurunan, dari 23,5 % menjadi 19,2 % dengan langkah By Name By Address, penurunan pernikahan dini dan peningkatan gizi remaja putri serta ketersedianya alat monitor kehamilan, yaitu USG di setiap puskesmas, Antropometri dan pemberian makanan tambahan bagi usia 5 Th ke atas dan di bawah 5 th. Sedangkan secara makro Kemiskinan Ekstrem juga mengalami penurunan dengan data yang diperoleh juga melalui by name by address melalui Bansos dan Lintas Sektor.

Arahan dari Bapak Menteri PMK RI bahwa Dana Desa bisa digunakan untuk menangani Stunting dan Kemiskinan Ekstrem secara simultan, integral dan multi program misalnya kebersihan lingkungan dan air bersih selain untuk mencegah stunting juga dapat mengentaskan kemiskinan, begitu juga dengan pemberian jamban untuk masyarakat dengan padat karya menggunakan warga miskin dalam pemasangannya. Jika ada warga Kemiskinan Ekstrem yang belum masuk dalam BPJS untuk segera diusulkan agar mendapat manfaat dari fasilitas kesehatan. Sedangkan harapan dari pemerintah kabupaten/kota salah satunya adalah

  • Perlunya satu data stunting untuk menjadi acuan Percepatan Penurunan Stunting
  • Dukungan anggaran lebih untuk percepatan Penurunan Stunting
  • Adanya satu data kemiskinan sehingga bantuan tepat sasaran

Semoga untuk Kabupaten Ngawi khususnya kecamatan Mantingan permasalahan stunting segera dapat mengalami penurunan dan kemiskinan ekstrem bisa dientaskan dengan melalui anggaran Dana Desa yang bisa optimal.

Author: Kecamatan Mantingan

Kantor Kecamatan Mantingan Jl. Raya Solo - Ngawi No. 12 Mantingan