PENYULUHAN IVA DI DESA PENGKOL

Jum’at, 03 Februari 2023, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kecamatan Mantingan mengadakan Penyuluhan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) yang diadakan di Desa Pengkol yang dihadiri oleh Ibu-ibu Desa Pengkol. Tingginya kasus kanker serviks di negara berkembang disebabkan terbatasnya akses screening dan pengobatan. Masih banyak wanita di negara berkembang termasuk Indonesia kurang mendapat informasi dan pelayanan terhadap penyakit kanker serviks.

Penyuluhan IVA kepada Ibu-ibu Desa Pengkol ditujukan agar mengetahui dan memahami informasi tentang pemeriksaan IVA, bagaimana prosesnya dan pentingnya manfaat dari pemeriksaan IVA bagi wanita. Sebelum terjadinya kanker didahului oleh perubahan keadaan yang disebut Lesi prakanker, biasanya memakan waktu beberapa tahun sebelum berkembang menjadi kanker. Kesempatan untuk mendeteksi terjadinya perubahan pada sel serviks bisa dilakukan dengan pap smear atau IVA serta menanganinya dengan tepat sebelum menjadi kanker serviks.

Dengan adanya kegiatan penyuluhan ini semua peserta mendapat pengetahuan terkait pemeriksaan IVA agar dapat menginformasikan kepada teman, keluarga, dll tentang pentingnya pemeriksaan IVA, tentang bahaya kanker serviks, tanda-tanda kanker serviks pada pasangan usia subur, serta agar masyarakat sadar untuk melakukan deteksi dini kanker serviks dengan melakukan dengan melakukan pemeriksaan IVA.

DWP Kecamatan Mantingan

Author: Kecamatan Mantingan

Kantor Kecamatan Mantingan Jl. Raya Solo - Ngawi No. 12 Mantingan