POKJA 1 KECAMATAN MANTINGAN MENGIKUTI WORKSHOP TP PKK PROVINSI JAWA TIMUR

Pokja I TP PKK Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan SeRVE Indonesia dan FKPT (Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme) mengadakan “Workshop Penguatan Kapasitas Kader PKK Sebagai Garda Terdepan dalam Menciptakan Lingkungan Yang Nyaman, Damai dan Sejahtera” selama 3 (tiga) hari 13 s.d 15 Desember 2022 di Hotel Santika Primer Surabaya. Ketua Pokja I Kecamatan Mantingan, Sdr. Sri Wulandari dipercaya dari TP PKK Kabupaten Ngawi bersama Sdr. Tri Erna S (Anggota Pokja I Kab) mengikuti acara tersebut. Walaupun kegiatan tersebut sudah berlalu cukup lama tetapi kiranya manfaatnya masih sangat relefan dalam melindungi keluarga dan membangun ketahanan masyarakat. Apalagi negara kita sebentar lagi akan mengadakan pesta demokrasi untuk memilih presiden/wakil presiden dan wakil-wakil rakyat. Keadaan masyarakat yang aman dan damai sangat mendukung terciptanya pemilu 2024 yang LUBER, jujur dan adil berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Narasumber dalam acara tersebut di antaranya dari FKPT, Dansus 88, direktur TV 9, BPET (Badan Penanggulangan Ekstrimisme dan Terorisme ), Ketua Ponpes Darut Tauhid Cirebon, Kepala Lapas Porong Jawa Timur dll. Intinya dari narasumber tersebut bahwa perempuan memiliki peran sampai ke tingkat bawah untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, damai & sejatera terkait isu-isu dan gerakan terorisme yang  akhir-akhir ini pelakunya melibatkan juga perempuan dan anak-anak. Perempuan harus memiliki pehamanan  tentang  paham Radikal, teroris, ekstrimisme dan meningkatkan kemampuan dalam pendampingan dengan orang-orang yang terpapar paham tersebut.
Salah satu yang menarik dari acara tersebut yaitu dihadirkannya salah satu korban bom Bali th 2005 yaitu Ibu Khusnul. Sebab bom itu tubuhnya mengalami cidera permanen dan hancur keluarganya karena kehilangan suami dan mata pencarian bahkan untuk pengobatan, beliau dapat penawaran dari Australia, tetapi beliaunya tidak mau dan kembali ke Indonesia.
Hasil dari workshop tersebut sudah diteruskan ke Ibu Kepala Desa dan Kader-kader PKK se-Kecamatan Mantingan pada saat Pleno PKK Kecamatan di desa Kedungharjo Jumat, 16 Desember 2022. Harapannya, Kecamatan Mantingan semakin kondusif, aman, nyaman, damai dan sejahtera dengan peran aktif kaum perempuan. Berawal dari menjaga anak-anak dan keluarga dari pengaruh paham terorisme dan ekstrimisme. Salam damai!!!

Author: Kecamatan Mantingan

Kantor Kecamatan Mantingan Jl. Raya Solo - Ngawi No. 12 Mantingan