KEGIATAN BANK SAMPAH DI DESA SAMBIREJO

06 Januari 2023 Kegiatan Bank Sampah secara rutin dilaksanakan Pemerintah Desa Sambirejo. Kegiatan ini merupakan salah satu Program dalam upaya pengelolaan lingkungan yang ada di Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur. Program  Bank Sampah adalah suatu strategi penerapan 3R dalam pengelolaan sampah ditingkat masyarakat, dengan menyamakan kedudukan sampah serupa dengan uang atau barang yang berharga yang dapat ditabung. Masyarakat dididik untuk menghargai sampah sesuai jenis dan nilai sehingga mereka mau memilah sampah. Bank Sampah mengubah sudut pandang Masyarakat bahwa sampah mengandung potensi ekonomi, yaitu adanya kesempatan kerja dan penghasilan tambahan dari tabungan di bank sampah. Disamping itu akan  terwujud  lingkungan yang bersih dan hijau guna menciptakan lingkunan yang sehat terutama di lingkungan Desa Sambirejo.

Sedangkan manfaat dari Program Bank Sampah itu sendiri adalah, mengurangi jumlah sampah  di lingkungan masyarakat, menambah penghasilan bagi  masyarakat, menciptakan lingkungan yang bersih dan  sehat dan memupuk kesadaran diri masyarakat akan pentingnya menjaga dan menghargai lingkungan hidup.

Inilah salah satu alternatif untuk memecahkan masalah sampah dan sekaligus ikut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan yang pada akhirnya berdampak baik untuk bumi ini. Sekecil apa pun yang kita lakukan untuk bumi ini, pasti akan berdampak besar bagi kelangsungan bumi itu sendiri.  

PKK KECAMATAN MANTINGAN

Author: Kecamatan Mantingan

Kantor Kecamatan Mantingan Jl. Raya Solo - Ngawi No. 12 Mantingan