KUNJUNGAN KERJA CAMAT MANTINGAN KE KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH AGENDA KAJIAN BUMDES

Persisnya hari Rabu tanggal 28 Desember dipenghujung tahun 2022 Bapak Camat Mantingan MUHAMMAD DAVIT MUKTI AJI, S.STP. M.Hum Bersama para Kepala Desa se Kecamatan Mantingan mengadakan kunjungan kerja ke Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten Jawa Tengah yang saat ini di jabat oleh Bapak JOKO HANDOYO HS, S.STP, M.Si. yang kebetulan Beliau berdua Bapak Camat ini rekan seangkatan ketika belajar di Bandung.

Mengapa Bapak Camat Mantingan memilih untuk kunjungan kerja di Kecamatan Polanharjo dipandang sanggat perlu karena ada beberapa Desa di Kecamatan Polanharjo potensi Bumdes banyak yang berhasil bahkan dapat memberikan kontribusi melalui Padesnya atau Pendapatan Asli Desa.
Kunjungan kerja rombongan Kecamatan Mantingan sangat disambut dengan hangat, gupuh, aruh, rengkuh, lungguh dan suguh dengan mungguh, terlebih juga dari Para Direktur Bumdes yang dihadirkan. Dan dalam sambutannya Bapak Camat Polanharjo disamping rasa suka cita juga memberikan gambaran umum tentang Bumdesa yang ada di wilayah Kecamatan Polanharjo.
Kecamatan Polanharjo terdiri dari 18 Desa yang jarak pemerintahan Kecamatan dengan Pemerintahan Kabupaten 17 Km, dengan penduduk kurang lebih 41.000 jiwa.
Dari 18 Desa semuanya sudah membentuk Bumdesa meskipun tingkat perkembangannya variatif.
Satu diantaranya yang sudah moncer dan kategori maju adalah Bumdes Umbul ponggok yang pada tahun 2018 mampu untuk memperoleh pendapatan 16 millyar, dengan prinsip tata kelola pengembangan potensi alam menuju sustainable Ponggok yang adil, merata, berbudaya, maju dan peduli lingkungan. Selesai sambutan dan disela ramah tamah dilanjutkan sharing dan diskusi berikunya kunjungan lokasi usaha rintisan Bumdesa.
 
Ketika rombongan Kecamatan Mantingan berkunjung dilokasi ternyata apa yang disampaikan dalam sambutan Bapak Camat Pulonharjo Bapak JOKO HANDOYO, HS. S.STP. M.Si. baru sebagian kecil saja menunjuk pribadi sederhana bahkan ada tempat wisata yang saat ini dikelola oleh Pokdarwis, setelah di beberapa lokasi dikunjungi semua Kepala Desa geleng kepala dan bilang Waou….sungguh jika Bumdesa dikelola dengan baik dan jiwa kewirausahaan yang ulet sesuai dengan potensi desa kelak akan bermunculan Bumdesa Umbul Ponggok yang lain tidak hanya di Kecamatan Pulonharjo Kabupaten Klaten Jawa Tengah.
Akhirnya disela kunjungan lokasi tempat wisata usaha Bumdesa baik rombongan dari Kecamatan Mantingan Bersama Bapak Camat serta para Direktur Bumdes menyempatkan waktu untuk sharing dengan tujuan agar Bumdesa yang ada di wilayah Kecamatan Mantingan paling tidak dapat mengadopsi ilmu Bumdes untuk ditiru.
Rencana kedepan Para Kepala Desa akan mengundang Tim survey untuk mengenali Potensi Desa yang ada dikecamatan Mantingan mungkin Akademik Perguruan Tinggi atau yang lainnya, agar nanti Bumdesa juga mampu untuk berkontribusi menyumbang pendapatan ke desa melalui PADES.

Author: Kecamatan Mantingan

Kantor Kecamatan Mantingan Jl. Raya Solo - Ngawi No. 12 Mantingan